Pipa pvc untuk saluran air rumah di bagian mana saja?

// July 19th, 2013 // pipa pvc

Mungkin banyak dari kita tidak sadar, kenapa kita harus menggunakan pipa pvc untuk saluran air di rumah kita, tapi sekedar mengiyakan saja bahwa ketika kita ditawarin pipa pvc untuk saluran, kita langsung membelinya. akan saya jelaskan lebih lengkap di sini, dan kita tidak tahu sebenarnya saluran mana saja yang memerlukan pipa pvc.

Tentu saja kita mau rumah kita nyaman untuk dihuni, dalam arti tidak ada kebuntuan saluran di dalam rumah kita, karena kebanyakan saluran ada di “dalam” bukan di luar, jadi kalau ada kerusakaan tentu sedikit banyak akan menimbulkan frustasi karena akan melakukan pembongkaran.

Tempat tinggal tentu mempunyai saluran yang terdiri dari saluran masuk dan saluran pembuangan, nah 2 sistem ini nih yang bekerja bersamaan dan harus dijaga ekosistemnya, baik itu saluran masuk air bersih dan saluran keluar air kotor atau air hujan, yuk kita bahas satu persatu.

SALURAN MANA SAJA YANG MENGGUNAKAN PIPA PVC

Saluran air bersihsaluran-pipa-air-bersih

Sesungguhnya untuk membuat saluran air bersih ini, kita mempunyai 2 pilihan bahan, apa saja itu?

  1. pipa galvanis
  2. pipa pvc

Tapi mengapa kita memakai pipa pvc? nah jawabannya adalah karena dengan pipa pvc saja, yang kualitas dan harganya 4x lebih murah dari pipa galvanis, sudah cukup untuk mempunyai saluran yang benar. tapi usahakan membeli pipa pvc kualitas bagus ya. pipa galvanis hanya digunakan bila pipa tersebut terleltak di luar, karena lebih tahan terhadap benturan. sedangkan seperti yang saya katakan tadi bahwa ,saluran banyak yang ada di bagian dalam rumah.

untuk melancarkan sistem saluran air bersih di dalam rumah kita ada beberapa poin yang akan saya bahas

  • Tingkat tekanan air didalam pipa pvc, diupayakan tekanan air yang didapat haruslah kuat dan juga merata. gunakan tangki air sebagai sumber catu air dan letakkan di tempat yang lebih tinggi dari semua saluran air / titik keran ,atau apabila tidak bisa ,gunakan pompa booster untuk meningkatkan tekanan
  • Perataan tekanan air, gunakan jaringan pipa yang menutup ( loop) yang membuat ujung pipa terakhir menyambung ke ujung pipa di awal, sehingga menyebabkan tidak adanya pipa di ujung saluran yang biasanya memiliki tekanan paling rendah.

Saluran air kamar mandi

Saluran air kamar mandi juga menggunakan pipa pvc, yang sudah berkembang dari masa lalu yang banyak menggunakan tembikar untuk saluran kamar mandi mereka. Untuk jarak saluran yang jauh, gunakan bak kontrol untuk mempermudah perawatan, dan pastikan beri jeriji antitikus untuk menghindari tikus yang merayap masuk.

Saluran air limbah WC.

Saluran air limbah WC ini juga menggunakan pipa pvc, dan pembuagannya haruslah ke septictank dahulu. ini semoga menjadi ilmu baru untuk kalian, kenapa harus dibuang ke septictank dahulu tidak langsung saja ke tanah atau saluran terbuka. Jadi limbah WC ini harus melewati sebuah proses yang dinamakan “penstabilan “.

Sifat limbah wc kita ini sifat limbah WC yang tidak stabil karena bersifat organis, Artinya bisa menjadi busuk dan bau, dan secara ilmu lingkungan tidak bisa ditempatkan di tempat terbuka atau diresapkan langsung ke dalam tanah, menjadi suatu zat anorganis yang stabil dan tidak berubah lagi sifat maupun bentuknya. Hal ini dilakukan dalam suatu fasilitas yang kita kenal sebagai septic tank.

Septic tank adalah sebuah bak penampung yang “mempekerjakan” bakteri anaerobik (bakteri yang tak membutuhkan oksigen untuk hidupnya) untuk menstabilkan limbah WC tadi.

Karena itu, sesudah melewati septic tank, cairan limbah belum bisa dibuang ke saluran terbuka. Cairan ini harus diresapkan ke dalam tanah (dengan sumur peresap) untuk distabilkan lebih lanjut oleh bakteri-bakteri yang ada dalam tanah. Oleh karena itu perlu dibuat jarak antara sumber air bersih di dalam tanah dengan sumur peresapan ini. Paling tidak dalam jarak mendatar 10 meter.

Hal lainnya adalah bahwa untuk melindungi bakteri-bakteri septic tank, sebaiknya kita jangan sekali-kali membuang air sabun atau cairan yang mengandung zat-zat antiseptik ke dalam WC, karena bisa membunuh bakteri-bakteri di dalamnya, dan kalau bakteri-bakteri septic tank ini punah, tentu proses penstabilan tadi tidak berjalan.

Sumber dan telah diedit dari : dannyprijadi.wordpress.com

Leave a Reply